Menyusun Silabus Melalui Diskusi Kelompok

MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU AKUNTANSI SMK
DALAM MENYUSUN SILABUS MELALUI DISKUSI KELOMPOK
Oleh: Syahdiardin
Pengawas SMK Kab. Batang Hari Prov. Jambi
BAB I
PENDAHULUAN
1.1   Latar  Belakang Masalah
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 24 Tahun 2006 mengamanatkan dan memberi kewenangan kepada sekolah/madrasah untuk mengembangkan sendiri kurikulum untuk satuan pendidikan masing-msing. Kurikulum yang di kembangkan di tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah ini disebut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).  KTSP sebagai mana diatur dalam Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 pasal 1 ayat (1) disusun atau dikembangkan sesuai kebutuhan sekolah yang bersangkutan.
Salah satu komponen dari KTSP sebagai mana disebutkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 adalah silabus yang merupakan bagian dari proses perencanaan pembelajaran. Silabus berdasarkan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 pengembagannnya dapat dilakukan oleh guru secara mandiri atau berkelompok dalam sebuah sekolah/madrasah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) atau Pusat Kegiatan Guru (PKG), dan Dinas Pendidikan.
Sekolah berdasarkan Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 dapat mengadopsi atau mengadaptasi model KTSP yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendi-dikan (BSNP). Namun yang terjadi sekolah menggunakan model tersebut tanpa menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. Hasil supervisi yang dilakukan pengawas satuan pendidikan pada 2 (dua) SMK kelompok Bisnis Manajemen di Ka-bupaten Batang Hari selama tahun 2008 menunjukkan:
1.      Dari 2 (dua) SMK yang memiliki Program Keahlian Akuntansi, 1 (satu) sekolah guru-guru akuntansinya mengadopsi model silabus  BSNP tanpa revisi sedikitpun.
2.      Guru-guru akuntansi pada 1 (satu) SMK hanya melakukan revisi pada alokasi waktu atau unit waktu pada silabus.
3.      Guru-guru akuntansi pada kedua SMK tersebut belum memahami mekanisme dan cara menyusun silabus.
Berdasarkan permasalahan tersebut di atas, maka dibutuhkan upaya untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun atau mengembangkan silabus. Pe-ningkatan kemampuan menyusun silabus bagi  guru-guru akuntansi SMK di Kabu-paten Batang Hari tersebut dilakukan melalui diskusi kelompok.
Dalam diskusi kelompok terjadi proses interaksi antara dua orang atau lebih individu, saling tukar menukar pengalaman dan informasi. (Roestiyah, 2008). Melalui diskusi kelompok semua perserta aktif bertukar fikiran, saling memberi dan menerima informasi. Kondisi tersebut diharapkan bermuara pada pemecahan masalah penyusunan silabus. Sehingga kemampuan guru dalam menyusun silabus menjadi meningkat
1.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah yang telah diungkap di atas dapat disimpulkan, bahwa masih rendahnya pemahaman dan kemampuan guru-guru akuntansi dalam mengembangkan dan menyusun silabus. Oleh sebab itu pertanyaan yang harus dijawab sebagai rumusan masalah penelitian ini adalah: “Apakah diskusi kelompok dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun silabus mata pelajaran akuntansi SMK di Kabupaten Batang Hari?”
1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan atau memperoleh bukti empiris peningkatan kemampuan guru mata pelajaran akuntansi dalam menyusun silabus melalui diskusi kelompok.
Jika tujuan penelitian tersebut tercapai, maka manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.   Bagi pengawas dapat meningkatkan kemampuan membimbing guru terutama dalam layanan bimbingan akademik.
2.   Bagi guru dapat meningkatkan kemampuannya dalam menyusun silabus.
3.   Bagi sekolah dapat meningkatkan kinerja terutama dalam kegiatan pembelajaran.
4.   Bagi peserta didik akan memperoleh pembelajaran efektif dan menyenangkan, karena gurunya telah mampu menyusun silabus yang baik sebagai bagian dari rencana pembelajaran.
This entry was posted in Karya Tulis. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s